Penerimaan CPNS Jalur Sekolah Kedinasan di 8 Kementerian / Lembaga Tahun 2017

Penerimaan CPNS Jalur Sekolah Kedinasan di 8 Kementerian / Lembaga Tahun 2017

PORTALPEGAWAI.COM - Kabar gembira bagi kalian lulusan SMA Sederajat Lulusan (tahun 2016 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2017) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat berpeluang untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur pendidikan Kedinasan.

Untuk pengangkatan CPNS Anda bisa baca point 8 pada informasi dibawah. Waktu pendaftaran Calon Siswa-siswi/Taruna-Taruni pada delapan Kementerian/Lembaga yang mempunyai sekolah pendidikan kedinasan di buka hingga 31 Maret 2017.

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sebagai contoh, STAN merupakan PTK di bawah naungan Depertemen Keuangan, STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik, dan AMG berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. PTK memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain. Antara lain, biaya kuliah yang terjangkau, bahkan gratis dan fasilitas ikatan dinas.

Penerimaan CPNS Jalur Sekolah Kedinasan di 8 Kementerian / Lembaga Tahun 2017

Melansir halaman Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) panselnas.id, pada Sabtu (4/3/2017), berikut informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang memberitahukan kepada Putra-Putri terbaik lulusan SMA atau sederajat, bahwa:
  1. Pada Tahun Anggaran 2017 akan dibuka penerimaan Calon Siswa-siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga pendidikan Kedinasan, sebagai berikut:
  2. No Instansi (Lembaga Pendidikan Kedinasan) Jumlah diterima Waktu Pendaftaran
    1 Kementerian Keuangan (PKN STAN) 4.920 Orang 9 – 31 Maret 2017
    2 Kementerian Dalam Negeri (IPDN) 1.689 Orang 9 – 31 Maret 2017
    3 Kementerian Perhubungan (STTD) 165 Orang 9 – 31 Maret 2017
    4 Kemenkum HAM (Poltekip dan Poltekim) 500 Orang 9 – 31 Maret 2017
    5 Badan Intelejen Negara (STIN) 124 Orang 9 – 31 Maret 2017
    6 Badan Pusat Statistik (STIS) 600 Orang 9 – 31 Maret 2017
    7 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 250 Orang 9 – 31 Maret 2017
    8 Lembaga Sandi Negara (STSN) 100 Orang 9 – 31 Maret 2017
    Jumlah  8.348 Orang
  3. Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal www.panselnas.id sesuai dengan penjadwalan tersebut pada angka satu
  4. Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 8 instansi atau lembaga pendidikan kedinasan sebagaimana tersebut pada angka 1 dan apabila mendaftar di angka dua atau lebih lembaga kedinasan maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur
  5. Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian atau lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test CAT. Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian atau lembaga
  6. Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti skd dikenakan biaya Rp50.000 per peserta berdasarkan PP nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan surat edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara
  7. Untuk lembaga pendidikan kedinasan pada kementerian keuangan Kementerian Perhubungan Badan Pusat Statistik serta badan meteorologi klimatologi dan geofisika selain dipungut biaya tersebut pada angka enam dipungut pula biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing instansi atau lembaga pendidikan kedinasan
  8. Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi
  9. Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari lembaga pendidikan kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian atau lembaga (yang bersangkutan dan pemerintah daerah yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB

PENTING :
  1. PENDAFTARAN PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
    1. Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku;
    2. NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga;
    3. Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
  2. PENDAFTARAN DUA TAHAP : Pendaftaran awal di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
  3. PENDAFTARAN HANYA DI SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.  Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.
  4. SELEKSI : Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya  terdapat seleksi/tes lainnya  yang  ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
  5. PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.  Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak akan diproses lebih lanjut.
  6. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar / memilih salah satu Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.

ALUR PENDAFTARAN

1. Buka portal https://panselnas.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.

2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.

3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.

4. Akan terbuka halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.

PERHATIAN !!
Harap membaca semua penjelasan di layar dengan cermat dan teliti.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Anda dapat mendownload file pengumuman persyaratan dari masing-masing sekolah ikatan dinas berikut ini.
1. PENGUMUMAN PERSYARATAN STIS
2. PENGUMUMAN PERSYARATAN STSN
3. PENGUMUMAN PERSYARATAN PKN STAN
4. PENGUMUMAN PERSYARATAN POLTEKIP dan POLTEKIM
5. PENGUMUMAN PERSYARATAN STMKG
6. PENGUMUMAN PERSYARATAN IPDN
7. PENGUMUMAN PERSYARATAN STTD
8. PENGUMUMAN PERSYARATAN STIN
9. PENGUMUMAN PENERIMAAN IKATAN DINAS
10. PENGUMUMAN MENPAN
Demikianlah informasi yang dapat portal pegawai sampaikan kepada pembaca semoga bermanfaat, ingat pendaftaran hingga 31 Maret 2017.
DAPATKAN INFORMASI TERUPDATE SEPUTAR PEGAWAI, PNS, CPNS, NON PNS, KARIR, LOWONGAN KERJA BANK BUMN TINGKAT SMA SMK D3 D4 S1 SEDERAJAT LAINNYA HANYA DI PORTALPEGAWAI.COM